3 Cara mencegah Bayi batuk saat menyusu

Cara mencegah Bayi batuk saat menyusu

Bayi Batuk saat menyusu memiliki kemungkinan bahwa bayi tersedak penyebabnya adalah posisi menyusu yang tidak tepat sehingga susu masuk ke dalam saluran yang tidak seharusnya yaitu saluran pernapasan yang seharusnya masuk kesaluran pencernaan.

bahaya jika tidak mengetahui cara untuk mencegah bayi batuk saat menyusui, apabila cairan masuk ke saluran pernapasan tubuh bayi akan refleks berusaha untuk menyeluarkan cairan dengan cara batuk.

Cara mencegah Bayi batuk saat menyusu

Jangan sampai hal ini terjadi terus menerus karena ada kemungkinan cairan susu akan benar-benar masuk ke saluran pernafasan dan paru. Hal ini akan berbahaya dapat mengganggu aliran pernafasan bayi.

Cara untuk mencegah bayi batuk saat menyusu sebagai berikut :

  1. Memposisikan kepala bayi agar lebih tinggi dari badan bayi lalu dekatkan kepala bayi kearah payudara, mulut bayi akan terbuka dengan sendirinya dan lidah berada dibawah. Saat menyusui usahakan agar seluruh bagian dari aerola ( bagian gelap disekitar putih ) ikut masuk kedalam mulut bayi
  2. Apabila menggunakan botol untuk menyusui, posisikan kepada bayi berada dilekukan lengan sehingga bayi berdiri setengah tegak, posisi kepala bayi agar lebih tinggi dari badan bayi.
  3. Jika bayi terbatuk saat menyusui, sebaiknya hentikan proses menyusui sementara waktu sampai kondisi bayi cukup stabil yang berarti proses refleks batuk berhasil mengeluarkan susu dari saluran pernapasan. 

Harap konsultasi ke dokter terdekat jika bayi mengalami tanda-tanda demam, sesak nafas, nafas menjadi berbunyi, bernafas cepat, saat bayi bernafas tulang rusuknya nampak sekali lekukannya, bibir dan tangan menjadi biru.

You May Also Like

About the Author: admin

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.