7 Cara Meningkatkan Bonding Ibu dan Bayi

Cara Meningkatkan Bonding Ibu dan Bayi , bonding adalah ikatan emosional yang menetap yang kuat, bertimbal balik antara bayi dan pengasuh (orangtua) dan berperan penting pada kualitas hubungan selanjutnya.

“Menyentuh bayi Anda sesering mungkin bisa membantu terciptanya bonding Anda dan bayi,” begitu kata Dr. Ann Critz, spesialis tumbuh kembang anak, dari Emory University School of Medicine, Atlanta, Kanada.

Moms pasti menginginkan hubungan yang akrab dan intense dengan bayi terutama saat hamil dan memang hubungan “bonding” ini harus diciptakan dan dipupuk sedini mungkin.

Banyak sekali cara yang bisa moms lakukan untuk menciptakan kedekatan dengan si kecil. Berikut ini beberapa cara membangun bonding antara ibu dan bayi:

1. Babymoon

Cara Meningkatkan Bonding Ibu dan Bayi

Momen babymoon dapat menciptakan ikatan batin antara ibu dan si kecil.

Dengan pergi liburan ke suatu tempat yang menyenangkan tentunya akan meningkatkan semangat moms dan memberi relaksasi fikiran.

2. Skin to skin contact

Sentuhan kulit dengan bayi atau skin to skin contact akan meningkatkan perkembangan motorik dan sensorik si kecil.

Si kecil akan merasa nyaman di setiap sentuhan dan pelukan si ibu. Selain itu kontak kulit bisa meningkatkan kecerdasan bagi si kecil.

3. Mengajak si kecil bicara

Mengajak si kecil bicara

Tentunya saat hamil, moms dianjurkan sering mengajak si kecil berbicara.

Mengajak si kecil berbicara walau saat hamil sekalipun dipercaya meningkatkan perkembangan otak si kecil dan melatih indera pendengaran.

Setelah bayi lahir, moms harus lebih sering mengajak si kecil berbicara atau mengobrol dengan si kecil.

Dengan seperti ini bayi akan lebih baik dalam tumbuh kembangnya dan akan meningkatkan kontak batin ibu dan bayi

4. Menggendong dengan sling atau kain 

Menggendong dengan sling

Cara ini dapat mempercepat terjadinya ikatan batin ibu dan bayinya dibandingkan bayi yang lebih sering dibaringkan di stroller atau ranjang bayi.

5. Menyusui

Menyusui

Kegiatan menyusui akan meningkatkan kontak batin moms dan si kecil. Karena kontak skin to skin dan eye contact akan terlibat dalam momen ini.

Asupan ASI yang cukup dan tentunya bermanfaat serta kaya nutrisi akan mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Moms dianjurkan untuk menyusui bayi secara eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan sampai 2 tahun dengan MP-ASI

6. Pijat bayi

Pijat bayi

Selain membuat bayi nyaman, pijat juga akan membantu berbagai organnya berkembang lebih aktif.

Batin Anda dan bayi tersambung lewat sentuhan hangat dan lembut tangan Anda. Pijatan bayi yang nyaman akan memberi efek menenangkan dan rasa nyaman pada bayi.

Moms bisa belajar bagaimana melakukan pijatan bayi sederhana dan simple yang bisa moms simak di youtube, TV atau bisa juga belajar dengan dokter anak atau bidan.

7. Konsumsi zat besi

Konsumsi zat besi

Zat besi atau Ferrum sangat dibutuhkan ibu dalam memenuhi kebutuhan zat besi yang berfungsi untuk mengikat oksigen dalam peredaran darah.

Ibu yang kekurangan zat besi (anemia) butuh waktu lebih lama untuk menjalin bonding karena ia tak punya cukup energi untuk mendekatkan diri dengan bayinya.

Tidak hanya saat hamil, tentunya saat ibu menyusui, moms lebih banyak dianjurkan mengonsumsi vitamin atau sayuran hijau yang mengandung banyak zat besi dan meningkatkan produksi ASI yang akan mencukupi kebutuhan ASI si kecil.

Demikian lah 7 Cara Meningkatkan Bonding Ibu dan Bayi , Semoga Bermanfaat ya Moms

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.